Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan (Lokasi, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas, dan Legenda)

Air Terjun Kakek Bodo merupakan salah tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Air Terjun Kakek Bodo

Selama ini, kebanyakan orang mengenal Jawa Timur sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan wisata alam berupa pantai seperti Pantai Papuma, Pantai Goa China, Pantai Kedung Tumpang, dan masih banyak lagi pantai terkenal lainnya di Jawa Timur.

Padahal, kalau dijelajahi lebih dalam lagi, kawasan Jawa Timur tidak hanya banyak mempunyai tempat wisata alam berupa pantai saja, tapi juga banyak terdapat wisata alam lainnya, seperti sejumlah air terjun.

Dan salah satu tempat wisata alam berupa air terjun di Jawa Timur yang menarik dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Kakek Bodo yang berada di Kabupaten Pasuruan. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Ulasan Tentang Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan (Lengkap Dengan Lokasi, Harga Tiket Masuk, Rute, Fasilitas, dan Legenda)


#1. Lokasi Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun setinggi 40 meter ini terletak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Surabaya, dan memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan kalau berangkat langsung dari Bandar Udara Internasional Juanda.

Namun jika berangkat langsung dari pusat Kota Pasuruan, tentunya jarak tempuhnya menjadi lebih dekat lagi, dan waktu tempuhnya menjadi lebih singkat lagi.

Untuk lokasi tepatnya, air terjun ini berada di kawasan wisata tretes di lereng Gunung Welirang, Pegunungan Prigen di Jalan Taman Wisata, No 541, Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

#2. Harga Tiket Masuk Air Terjun Kakek Bodo

Salah satu kelebihan tempat wisata alam yang satu ini dibandingkan tempat wisata alam lainnya di Jawa Timur, yaitu biayanya yang harus dikeluarkan ketika mengunjungi air terjun ini sangat ramah dikantong.

Dimana diketahui, harga tiket masuk untuk pengunjung dewasa (diatas 10 tahun), yaitu sebesar Rp 10.000/orang, dan pengunjung anak-anak (dibawah 10 tahun) yaitu sebesar Rp 5.000/orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan, yaitu sebesar Rp 5.000.

Dengan harga tiket masuk yang sangat ramah dikantong tersebut, para wisatawan bisa berkunjung ke air terjun ini secara rombongan tanpa perlu ketakutan dengan harga tiket masuk yang mahal.

#3. Rute Menuju Ke Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun ini termasuk salah satu tempat wisata alam yang mudah dicapai di Jawa Timur, karena lokasinya berada didalam kawasan wisata yang sudah " cukup " dikenal luas di Jawa Timur, yaitu kawasan wisata tretes.

Terdapat 3 (tiga) rute yang bisa dilewati untuk menuju ke lokasi air terjun ini, yaitu melewati Candi Jawi, melewati Taman Safari II Prigen, dan ketiga melewati rute yang berada tepat di belakang Hotel Surya.

Rute Candi Jawi, dan Taman Safari II Prigen adalah rute yang biasanya dipilih para wisatawan yang ingin langsung menuju ke lokasi air terjun ini. Namun jika ingin menikmati perjalanan lebih jauh lagi dengan pemandangan alam, bisa memilih rute yang berada di belakang Hotel Surya.

Biasanya, rute yang berada di belakang Hotel Surya dipilih oleh para pendaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuna, atau sering juga dipilih para wisatawan yang bertujuan untuk kemping atau berkemah.

Pasalnya, tidak begitu jauh dari lokasi air terjun ini terdapat juga sebuah bumi perkemahan, yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk kemping atau berkemah, yaitu Bumi Perkemahan Kakek Bodo.

#4. Fasilitas di Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Tempat wisata alam yang satu ini tidak hanya menyuguhkan air yang terjun di ketinggian dari atas sebuah bukit, namun juga sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung yang bisa digunakan para wisatawan.

Beberapa fasilitas pendukungnya di antaranya adalah taman bermain anak-anak, kolam renang, toilet, kios, musholla, shelter, hingga bumi perkemahan untuk kemping atau berkemah ada di sekitar lokasi air terjun ini.

Dengan adanya sejumlah fasilitas pendukung yang cukup memadai disekitar lokasi air terjun tersebut, diharapkan para wisatawan bisa lebih menikmati ketika berlibur di tempat wisata alam ini.

#5. Legenda Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo

Mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya, mengapa air terjun ini dinamakan " Kakek Bodo ". Hal ini tidak lepas dari cerita legenda yang berkembang ditengah-tengah masyarakat disekitar lokasi air terjun ini.

Cerita legenda yang berkembang ditengah-tengah masyarakat disekitar lokasi air terjun tersebut bermula dari seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya kepada sebuah keluarga belanda kaya raya di jaman dulu.

Suatu hari, kakek tua tersebut memutuskan untuk bertapa di sebuah hutan belantara, lebih tepatnya di sebuah air terjun. Tujuan kakek tua tersebut bertapa, yaitu untuk melupakan semua hal-hal yang berbau duniawi dalam dirinya.

Karena keputusannya tersebut, mantan majikannya menyebut kakek tua tersebut sebagai " Kakek Bodo ". Karena sudah diberi gaji yang cukup, fasilitas yang memadai, dan tempat tinggal yang enak, namun lebih dia lebih memilih bertapa di tengah hutan belantara.

Siapa menyaangka, berkat bertapa di air terjun tersebut, kakek tua tersebut dianugerahi sebuah kesaktian, yang kemudian hari digunakannya untuk membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

#6. Objek Wisata Lainnya

Disamping bisa menikmati keindahan air terjun dengan sejumlah fasilitas pendukungnya, di sekitar lokasi air terjun juga terdapat beberapa objek wisata lainnya yang menarik dikunjungi, di antaranya adalah.

  • Makam Keramat Kakek Bodo

Diceritakan juga, setelah beberapa lama, kakek tua yang disebut sebagai " Kakek Bodo " tersebut meninggal dunia di tempatnya bertapa, dan dimakamkan tidak begitu jauh dari lokasi air terjun tersebut.

Sampai sekarang, makam Kakek Bodo tersebut masih ada, dan dikeramatkan oleh warga disekitarnya. Disamping itu, makam ini juga sering dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah di Indonesia.

  • Bumi Perkemahan Kakek Bodo

Seperti yang disebut diatas, disekitar lokasi air terjun juga terdapat sebuah tempat yang ideal untuk kemping atau berkemah. Tempat ideal untuk kemping atau berkemah tersebut dinamakan " Bumi Perkemahan Kakek Bodo ".

Lokasinya berada diatas bukit di sebelah kanan air terjun tersebut. Untuk mencapai lokasi Bumi Perkemahan Kakek Bodo tersebut, para pengunjung harus melakukan trekking melewati jalan setapak.

  • Air Terjun Alap Alap

Jika tidak ingin kemping atau berkemah di Bumi Perkemahan Kakek Bodo tersebut, para pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah hutan dengan menyusuri sungai kecil untuk melihat air terjun bertingkat bernama Air Terjun Alap Alap.

Air Terjun Alap Alap ini tidak kalah indah dibandingkan dengan Air Terjun Kakek Bodo yang berada dibawahnya. Hanya saja, untuk mencapai lokasinya dibutuhkan tenaga ekstra, mungkin hanya anak muda berjiwa petualang yang bisa menaklukan rutenya.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Air Terjun Kakek Bodo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (lengkap dengan lokasi, harga tiket masuk, rute yang harus dilewati, fasilitas pendukungnya, dan cerita legendanya).

Terlepas benar atau tidaknya cerita legendanya tersebut, namun air terjun ini menyuguhkan sebuah pesona alam yang patut dipertimbangkan untuk dikunjungi. Semoga artikel pertama blog airterjun.id ini bisa bermamfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel